6 Strategi Digital Marketing Yang Harus Kamu Tahu

Digital Marketing

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar strategi digital marketing? Apakah ada yang rumit? Atau hal-hal yang selalu berhubungan dengan data yang kompleks? Tenang guys, artikel ini tidak akan membawamu kesana. Khusus untuk Anda, kali ini kami akan membahas tentang strategi digital marketing yang sederhana dan tentunya bisa Anda terapkan langsung pada bisnis Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing adalah salah satu tren baru yang harus Anda dan tim perusahaan Anda kuasai jika tidak ingin kalah dalam persaingan. Setiap pakar memiliki cara berbeda dalam mendefinisikan arti digital marketing. Namun dalam materi ini, SEO Community akan mengacu pada pakar digital marketing terkemuka dunia.

Menurut Marketo, konsep pemasaran digital adalah strategi tingkat tinggi dalam bentuk promosi/iklan yang menyebar melalui mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll), situs web, media sosial, email, dan aplikasi.

Berdasarkan rilis Smart Insights, definisi pemasaran digital adalah peluang untuk menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital. Sementara itu, Hubspot mengatakan bahwa ide pemasaran digital adalah semua upaya pemasaran melalui penggunaan perangkat elektronik dan internet.

Dari sudut pandang ini kita dapat menyimpulkan bahwa konsep pemasaran digital adalah strategi untuk menarik konsumen melalui penggunaan berbagai alat digital (gadget) baik dalam bentuk fisik maupun tidak berwujud.

Sederhananya, digital marketing adalah jenis pemasaran yang mempromosikan dan menjual produk dan layanan melalui penggunaan media digital seperti media sosial, Google, dan email. Jadi apa yang membuat pemasaran digital penting?

Baca juga : Digital Marketing : Strategi Bisnis untuk Memasarkan Produk di Era Digital

Pertama, dengan menggunakan digital markting, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini dikarenakan banyak orang yang sudah terkoneksi dengan internet. Kedua, biaya yang dibutuhkan tidak sebesar pemasaran tradisional seperti iklan TV/majalah. Ketiga, Anda dapat membuat materi pemasaran dalam berbagai format (video, gambar, teks) dan memiliki berbagai media yang dapat diakses.

Namun, itu tidak dapat dijalankan secara otomatis. Dibutuhkan proses yang berbeda untuk membuat bisnis Anda tumbuh dengan baik.

Strategi Digital Marketing

  1. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
    Poin pertama dari strategi pemasaran digital adalah optimisasi mesin pencari, yang merupakan upaya untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs secara organik, tanpa menempatkan iklan. Contoh pemasaran digital dalam SEO antara lain membuat artikel, meningkatkan kecepatan situs, memasang tautan situs di situs web lain, dan lain sebagainya.
  2. Aktivasi media sosial (Instagram, Youtube, Tiktok, dll.)
    Strategi pemasaran digital kedua adalah mengaktifkan media sosial. Contoh pemasaran digital di ruang media sosial termasuk secara teratur mengunggah konten ke media sosial, membangun keterlibatan dengan pengikut, dukungan, dan banyak lagi.
  3. Pemasaran Pengetahuan
    Pemasaran kognitif adalah strategi pemasaran digital dengan memberikan informasi yang berguna atau pengetahuan baru kepada calon konsumen. Contoh digital marketing dengan menyebarkan ilmu, seperti email marketing dan membuat e-book (buku digital) gratis.
  4. Analisis data dan penelitian
    Saat menerapkan strategi pemasaran digital, sangat penting untuk meneliti dan menganalisis data. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran digital harus didasarkan pada data, mulai dari data media sosial hingga kampanye iklan online.
  5. Hard-selling, Soft-selling dan Hypno-selling
    Digital marketing merupakan salah satu jenis strategi yang paling banyak memuat teknik penjualan. Tiga istilah penjualan paling umum yang akan Anda dengar saat menerapkan strategi pemasaran digital Anda meliputi: penjualan keras, penjualan lunak, dan penjualan panas.
  6. Iklan Google dan Media Sosial
    Teknik strategi digital marketing yang keenam adalah Google Ads dan Social Media Ads. Saat membuat iklan, Anda harus memastikan bahwa konten iklan memiliki pesan yang tepat dan ditujukan kepada konsumen. Sehingga iklan dapat menghasilkan penjualan sesuai dengan yang diharapkan.
  7. Leads Generation
    Poin ketujuh sekaligus terakhir dari strategi digital marketing adalah leads generation. Di dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen, mulai dari nomor telpon, akun medsos, hingga email. Supaya bisa mendapat leads sesuai target, Anda bisa membuat konten-konten lead magnet (penarik leads), seperti seminar atau buku gratis.

Nah setelah kalian membaca artikel di atas apakah kalian tertarik lebih tentang strategi digital marketing? Jika kalian tertarik kalian bisa klik link di bawah ini: Hubungi Kami