7 Kesalahan Desain Website yang Harus Dihindari

Desain yang baik membantu Anda dalam mendulang traffic pada website Anda. Desain bukan hanya soal betapa cantik desain website Anda bukan juga soal betapa indah dan kompleks dari website Anda.

Desain web adalah soal bagaimana desain tersebut bisa cocok dengan target audiens serta bagaimana komponen-komponen di dalam website tersebut harus berguna dan penting.

Mengapa Desain Website sangat Penting?

Ada banyak hal yang membuat desain website sangat penting. Kami merangkum beberapa alasan yang membuat desain pada website Anda sangat penting.

1. Desain web menciptakan Kesan Pertama

Desain web berguna untuk membangun kesan pertama bagi para audiens Anda. Mereka akan menilai bisnis Anda dalam hitungan detik dari melihat website Anda tersebut. Dalam beberapa detik pertama ini, Anda bisa membuat dampak positif jika desain web Anda tampak baik.

Jika situs web Anda terlihat tidak menarik atau ketinggalan zaman, audiens Anda akan segera memiliki kesan negatif terhadap web Anda. Mereka tidak akan beralih ke website lain yang dianggap lebih menarik.

2. Membantu strategi Search Engine Optimization (SEO)

Banyak elemen dan praktik pada desain website memengaruhi cara Anda mempublikasikan konten di situs web Anda, yang akan memengaruhi cara search engine merayapi dan mengindeks situs web Anda. Jika dasar-dasar SEO pada halaman Anda tidak sesuai, maka website Anda akan kesulitan terindeks dengan halaman search engine.

Selain isi konten yang dipublikasikan di situs web Anda, elemen desain web itu sendiri dapat secara langsung memengaruhi SEO dari website Anda. Desain web mungkin sulit dipahami jika Anda tidak terbiasa dengan cara kerjanya, tetapi sederhananya, kode di desain web Anda harus ramah SEO.

3. Desain Website Memberi Kesan untuk Audiens

Desain Web Anda memberi audiens gambaran tentang bagaimana Anda melihat audiens Anda. Jika Anda tidak berusaha keras dalam desain situs web Anda, audiens Anda tahu bahwa Anda tidak bersungguh-sungguh terhadap audiens Anda.

Situs web Anda seperti perwakilan terhadap layanan kepada audiens Anda. Desain web yang modern, cerah, dan terlihat memiliki maintenance yang baik akan membuat audiens merasa disambut di website Anda. Ini memberi kesan bahwa Anda terbuka dan menyambut orang baru yang mengunjungi situs web Anda.

Di sisi lain, situs yang ketinggalan zaman dan tidak menarik membuat website Anda tampak dingin dan menyendiri. Orang cenderung tidak suka website yang tampak tidak serius karena dianggap menghargai pengunjungnya.

4. Membangun kepercayaan dengan audiens Anda

Orang-orang cenderung tidak mempercayai situs web dan menganggap website tersebut tidak kredibel apabila dirancang dengan buruk. Audiens tidak akan mempercayai website Anda apabila desainnya buruk atau informasinya terlihat sudah lama serta tidak diperbarui. Oleh karena itu lakukan pembaruan pada bagian-bagian kecil di desain website Anda tanpa menghilangkan desain aslinya. Jangan lupa update konten pada website Anda juga.

5. Desain Website menciptakan konsistensi

Saat Anda mencoba mendapatkan prospek baru untuk bisnis Anda, jika ingin membangun merek Anda sendiri. Apabila Anda ingin audiens mengenal merek Anda sehingga mereka memilih Anda saat mereka siap untuk berkonversi. Membuat desain keseluruhan website Anda akan membantu Anda dalam menciptakan konsistensi pada seluruh halaman website Anda.

Anda harus menetapkan font, gaya, dan tata letak yang sama di setiap halaman di situs web Anda. Website yang tidak professional adalah website yang tidak memiliki konsistensi di setiap halamannya. Oleh karena itu, Anda harus membuat konsistensi pada setiap komponen yang ada di website Anda.

Ingatlah, jika situs web Anda tidak konsisten, orang akan beralih ke situs yang terlihat lebih profesional. Anda pun bisa menjaga prospek yang baikdi halaman Anda lebih lama dan membuat mereka terbiasa dengan website Anda, jika Anda membangun konsistensi pada website Anda.

7 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Membuat Desain Website

Setelah mengetahui betapa pentingnya desain website, sekarnag kita akan melihat 7 kesalahan yang harus dihindari saat membuat desain website.

1. Template, bukan desain khusus.

Desain template bukanlah cara yang buruk untuk memulai atau jika Anda memiliki anggaran terbatas. Pengembang web yang terampil dapat melakukan keajaiban bahkan ketika menggunakan template, tetapi hasilnya mungkin tidak menciptakan kesan yang unik jika dibandingkan dengan situs web yang dibuat khusus dengan cerdas.

Biasanya lebih baik membidik desain yang disesuaikan, bahkan jika itu adalah situs web eCommerce sederhana. Bisnis online kecil Anda dapat berkembang pesat dan melampaui fitur terbatas yang tersedia di template.

2. Desain User Experience (UX) yang buruk.

Struktur dan navigasi situs web yang canggung dan tidak jelas adalah salah satu kesalahan desain web terburuk yang mungkin terjadi. Jika pengunjung pertama kali tidak dapat menemukan hal-hal penting dengan mudah, atau jika halaman web terlihat kusam atau tidak rapi, mereka akan segera kehilangan minat atau kesabaran dan beralih ke situs pesaing Anda.

3. Terlalu banyak atau terlalu sedikit informasi.

Anda tidak ingin membanjiri pelanggan Anda atau meninggalkan mereka dengan lebih banyak pertanyaan daripada sebelum mengunjungi situs web Anda. Cobalah untuk menghindari cascades gambar dan teks. Cobalah untuk menawarkan teks informatif dan konten visual terkini dalam jumlah seimbang yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

4. Buat CTA (Call to Action) yang jelas

Berkreasilah dengan CTA Anda, tetapi cobalah untuk membuatnya tetap sederhana. Selain itu, orang ingin tahu apa yang mereka peroleh dari mengambil tindakan dan informasi apa yang harus mereka berikan untuk mendapatkan itu. Jadi desain website harus tegas, tidak mengganggu, dan tidak berantakan.

5. Penempatan iklan yang salah.

Spanduk iklan adalah salah satu instrumen pemasaran online yang paling populer, dan sulit untuk memiliki situs web yang tidak memilikinya. Namun, penempatan iklan di situs web Anda perlu dirancang dengan hati-hati agar tidak tumpang tindih dengan informasi penting dan tidak merusak kegunaan situs.

4. Desain non-responsif.

Jarang sekali hari ini untuk melihat situs web yang tidak mobile-friendly, tetapi masih ada orang yang memiliki website yang tidak responsif alias tidak bisa dibuka di berbagai gadget. Jika pengguna tidak dapat dengan mudah menavigasi dan melihat situs web di perangkat seluler mereka, itu sangat mengurangi target audiens.

Beberapa pengguna akan gigih dan berjuang untuk menemukan apa yang mereka butuhkan, tetapi kebanyakan pengguna internet sekarang akan memillih website yang bisa dibuka di perangkat seluler dengan mudah.

Baca juga : Manfaat Website Bagi Perusahaan

7. Mencoba menyenangkan semua orang.

Jangan pernah mencoba menyenangkan semua orang oleh karena itu menentukan target audiens sangatlah penting. Jika target Anda adalah orang dewasa yang serius, maka situs web Anda harus menargetkan mereka dengan gaya yang sangat profesional.

Jika mereka masih muda dan menyenangkan, situs web Anda juga harus mencerminkan hal ini, dimulai dengan skema warna. Tidak akan efektif jika Anda mencoba menggabungkan dua gaya atau lebih menjadi satu desain situs web.

Itulah kesalahan umum yang harus Anda hindari ketika membuat desain website. Sekarang lihatlah website Anda, apakah memuat salah satu dari 7 kesalahan tersebut?

Jika Anda ingin tahu lebih banyak informasi tentang desain web, kunjungi Web SEO Community